Suzuki XL7, SUV Murni atau MPV Rasa SUV? - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Tuesday, 1 October 2019

Suzuki XL7, SUV Murni atau MPV Rasa SUV?

Magzly.com - Setelah Suzuki Jimny rilis pada bulan Juli lalu, Suzuki kembali menyiapkan amunisi baru untuk bersaing pada segmen SUV (Sport Utility Vehicle). Suzuki sendiri sudah membocorkan spesifikasi mobil anyarnya itu mobil SUV 7 penumpang dengan nama Suzuki XL7. Banyak yang beranggapan bahwa XL7 yang akan dipasarkan di Indonesia adalah Maruti Suzuki XL6 versi 7 penumpang. Tapi bukankah Suzuki XL6 di India masuk pada segmen MPV?
Suzuki XL6 Image Credit : Nexa
Maruti Suzuki XL6 dirilis di India pada pertengahan bulan Agustus 2019. Walaupun mengusung konsep MPV tapi Suzuki XL6 lebih kelihatan seperti sebuah SUV. Nampaknya ini merupakan usaha Suzuki untuk meningkatkan relevansi mobil MPV, sehingga nyaman dipakai untuk keluarga dan gagah dipakai sendiri. Mengambil platform Suzuki Ertiga, Suzuki XL6 cukup laris manis di negeri Bollywood itu. 

Di India Maruti Suzuki XL6 disebutkan juga Maruti Ertiga MPV Premium dengan 6 tempat duduk. Bagian depan XL6 terlihat lebih berkarakter. Garis pada kap mesin terlihat lebih terangkat, gril depan yang besar terlihat lebih berani, pelat scuff dibawah gril radiator membuat tampilan Mobil MPV ini betul-betul seperti SUV. Kemudian lampu depan XL6 sudah menggunakan LED.

Exterior bagian luar termasuk lekukan dan garis pada bagian samping mobil sangat dinamis. Hanya saja pelek 15 inci terlihat sangat kecil untuk lekukan tempat roda yang cukup besar. Pada bagian atap mobil juga terdapat rak atap, bagian belakang ada pelat scuff serta pintu belakang dengan design dual tone, semakin menegaskan mobil MPV bercita rasa SUV.

Pada bagian dalam terasa benar Ertiganya, mulai dari dashboard, fitur serta design secara keseluruhan. Interior XL6 dibuat dengan nuansa hitam untuk memberikan kesan mewah pada mobil. Semua kursi dilapisi dengan jok kulit imitasi, dan menariknya pada kursi tengah ada sepasang kursi pilot. Tentu saja ini akan sangat memberikan kenyaman pada penumpangnya. 

Selain mudah dijangkau kursi tengah juga bisa digeser kebelakang, yang kalau direbahkan bisa digunakan untuk selonjoran. Kursi bagian belakang bisa dilipat rata lantai kedepan, sehingga akan menambah luas bagasi. Selain itu untuk keamanan seluruh kursi sudah dilengakapi safety belt. 

Banyak sekali fitur yang disematkan pada Maruti Suzuki Xl6 seperti control suhu otomatis, keyless entry and go, spion lipat elektrik, kamera mundur untuk type tertingginya, head unit SmartPlay Studio dengan monitor 7 inci touch screen yang support Android Auto dan Apple CarPlay, serta aplikasi Suzuki Connect. XL6 sendiri hadir dengan mesin 1462 cc 4 silinder 104 horse power, dan tersedia dalam transmisi manual dan otomatis. Kisaran harga dari type terendah sampai type tertinggi Rp195 juta - Rp228 juta. []

No comments:

Post a Comment