"Nendangkah" Nissan Kicks di Indonesia? - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Monday, 14 October 2019

"Nendangkah" Nissan Kicks di Indonesia?

Magzly.com - Nissan digadang-gadang akan segera meluncurkan salah satu mobil andalannya Nissan Kicks. Mobil jenis crossover ini pertama kali diluncurkan di Asia, untuk pasar India pada awal tahun 2019 lalu. Sebenarnya Nissan Kicks sudah diperkenalkan secara global sejak tahun 2016 lalu. Nissan Kicks diproduksi untuk pasar Amerika menggantikan Nissan Juke.
Image Credit : Nissan India
Sesuai namanya kicks, penjualan mobil ini juga cukup "nendang" di India, sebagaimana dikutip drivespark.com pada bulan pertama peluncurannya Nissan Kicks terjual 1.370 unit. Di India saat peluncuran Nissan Kicks varian terendah dijual dengan harga 9,5 lakh, dikonversi ke rupiah sekitar 195 juta, sedangkan harga tertinggi sekitar 300 juta.

Kalau dibawa ke Indonesia maka bisa jadi harganya di atas 200 juta, Nissan Kicks akan bersaing dengan mobil MPV, hatchback, crossover, besutan Honda, Toyota, Dihatsu, Suzuki, Wuling dan semua mobil kelas menengah yang dijual pada kisaran 200-300 juta. Di India ada dua versi umum dari Nissan Kicks yaitu bensin dan diesel. 

Kalau dilihat secara fisik Nissan Kick mirip dengan sepupunya Renaul Capture. Sama-sama datang pada kelas crossover walaupun di India dikatakan kelas SUV, dan sama-sama berdasarkan Nissan Platform MO. Tampilan luar dari mobil ini terlihat sporty dan dinamis sangat cocok untuk anak muda. warna yang melatar belakangi mobil ini sangat cerah dan berani, dipadukan dengan design yang elegan dan berkelas.

Pada bagian depan ada V-Grille khas Nissan dengan chrome yang cukup banyak ditemukan. Lampu depan menggunakan LED dengan unit proyektor. Sedangkan untuk varian terendah masih menggunakan lampu halogen, sementara fog lamp juga menggunakan lampu halogen.

Bagian samping Nissan Kicks memperlihatkan garis pundak yang kokoh disepanjang mobil. Dan yang paling mencolok adalah velg ukuran 17 inci model two one polish. Cukup pas, karena di India mobil ini memang diperkenalkan sebagai SUV dengan ground clearence sekitar 210mm.
Image Credit : Nissan India
Ketika masuk ke dalam mobil terlihat sentuhan premium pada bagian interiornya. Dashboard menggunakan kulit dengan warna dominan hitam. Terdapat head unit 8 inci touchscreen yang sudah mendukung Apple CarPlay, Android Auto, serta berbagai layanan lainnya seperti Nissan Connect. Ada colokon USB untuk charge HP, serta cap holders untuk kenyamanan 5 penumpang didalamnya.  

Ventilasi AC juga terdapat pada baris kedua, yang membuat aliran udaranya lebih merata. Didukung teknologi climate control yang dapat menyesuaikan suhu dalam mobil dengan suhu diluar. Pada varian tertinggi juga ada kamera parkir 360 derjat, serta spion elektrik.
Image Credit : Nissan India
Fitur kemananan dan keselamatan Nissan Kicsk tergolong lengkap. Menggunakan teknologi ABS untuk pengereman. Selain untuk pengemudi pada varian tertentu ada juga airbang untuk penumpang. Ada stability control agar mobil tidak selip ketika rem mendadak atau melakukan akselerasi pada jalan yang licin.

Nissan Kick menggunakan transmisi automatis CVT dan trasmisi manual, sesuai dengan variannya. Mesin yang digunakan Nissan Kick sama dengan yang dipakai Renault Duster, yakni 1600 cc 4 silinder.  Mampu mengeluarkan tenaga sebesar 108,5 Hp torsi 240 Nm. Tetapi di India Nissan Kick menggunakan mesin 1400 cc 4 silinder, tidak tahu apakah di Indonesia nanti menggunakan mesin 1600 cc atau 1400 cc. 

Perkiraan harga di India sesuai varian :
XL Petrol: 196 juta
XV Petrol: 225 juta
XL Diesel: 223 juta
XV Diesel: 256 juta
XV Premium Diesel: 280 juta
XV Premium + Diesel: 300 juta
[]

No comments:

Post a comment