Micosoft Surface Event 2019, dan Comeback Microsoft ke Bisnis Ponsel - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Monday, 7 October 2019

Micosoft Surface Event 2019, dan Comeback Microsoft ke Bisnis Ponsel

Magzly.com - Microsoft Surface Event sudah dilaksanakan tanggal 2 Oktober kemarin. Banyak kejutan yang diberikan Microsoft pada acara yang dihelat hampir setiap tahun itu. Beberapa produk anyar yang diperkenalkan oleh Microsoft adalah Microsoft Surface Laptop 3, Microsoft Surface Pro 7, Microsoft Surface Pro X, Microsoft Surface Neo, Microsoft Surface Duo, dan Earpahone nirkabel Microsoft Surface Earbuds, kita akan mencoba membahasnya satu persatu, kecuali Surface Earbuds yang akan dibahas pada pembahasan lainnya. 
Microsoft Surface Laptop 3 Image Credit : Microsoft
Pertama Microsoft Surface Laptop 3. Microsoft Surface Laptop, merupakan salah satu personal computer buatan microsoft yang sangat diminati, bahkan Microsoft Surface Laptop 2 merupakan saingan utama dari Macbook buatan Apple. Lewat Surface Laptop 2 Microsoft membuktikan bahwa mereka bukan hanya jago membuat software saja, tetapi juga hebat dalam membuat personal computer. 

Produk anyar Microsoft Surface Laptop 2 hadir dengan layar 13,5 inchi dan 15 inchi, dan pilihan warna lebih variatif. Kalau pada Surface Laptop 2 hanya ada pilihan warna hitam, pada Surface Laptop 3 warnanya selain hitam ada biru, dan warna coklat muda, serta abu-abu. Casing Surface Laptop 3 pun dibuat dari bahan alumunium yang semakin menambah kesan mewah. 

Secara umum spesifikasi Surface Laptop 3 yang 13,5 inci hampir sama dengan Microsoft Surface Laptop 2. Dengan pilihan prosesor Intel i5 dan i7, hanya saja prosesornya sudah generasi 10 "Ice Lake". Didukung pilihan RAM 8 GB serta untuk pemyimpanan tersedia pilihan 128GB, 256GB, 512GB, serta 1TB semuanya sudah SSD. Sedangkan Microsoft Surface Laptop 3 versi 15 inchi menggunakan prosesor AMD "Ryzen Surface Edition" yang memang dirancang khusus. 

Microsoft mengklaim bahwa prosesor ini merupakan yang tercepat saat ini berdasarkan ukuran dan tingkat ketipisan. Menariknya Microsoft Surface Laptop 3 sudah menggunakan teknologi fast charging untuk pengisian baterainya. Harga Microsoft Surface Laptop 3 versi 13 inci dimulai sekitar 14 jutaan, dan 15 inci dimulai dengan harga sekitar 17 jutaan.
Microsoft Surface Pro 7 Image Credit : Microsoft
Kedua Microsoft Surface Pro 7. Sebenarnya tidak banyak yang berubah pada Surface Pro 7 dibanding pendahulunya. Hanya update teknologi prosesor yang sekarang menggunakan generasi ke 10. Prosesor yang diklaim Microsoft dua kali lebih cepat dari pada generasi sebelumnya. Kemudian ada penambahan USB Type C pada bagian tabletnya, jadi Surface Pro 7 akan memiliki dua port USB, Type-C dan Type-A, serta baterai yang diklaim bisa tahan seharian. Sedangkan spesifikasi lainnya hampir sama yakni pilihan prosesor i5 dan i7, RAM 8GB dan 16GB, media penyimpanan SSD 128GB/256GB/512GB/1TB, ukuran layar tetap 12,3 inci, dan menggunakan Windows 10 Home. Harga Surface Pro 7 dimulai sekitar 10 jutaan.
Microsoft Surface Pro X Image Credit : Microsoft
Ketiga Microsoft Surface Pro X. Nah ini merupakan satu kejutan dari Microsoft, menghadirkan tablet "2 in 1" 13 inchi yang sangat ramping dengan bezel yang sangat tipis disekelilingnya. Dapur pacunya menggunakan chipset buatan Qualcom SQ1, didukung pilihan RAM 8GB dan 16GB serta storage SSD 128GB/256GB/512GB, menggunakan OS Windows 10, serta sudah didukung pengisian fast charging, dimana baterai dikatakan bisa tahan selama 13 jam. 

Sedangkan untuk optional ada signature keyboard, serta stylus pen baru bernama new surface slim pen. Harganya sekitar 14 jutaan untuk spesifikasi paling rendah, dan belum termasuk signature keyboard dan surface slim pen. Kekuranganya adalah tidak adanya audio jack 3.5 mm untuk earphone, harus membeli dongle tambahan untuk audionya.
Microsoft Surface Neo Image Credit : Microsoft
Keempat Microsoft surface Neo. Ini merupakan pertanda bahwa Microsoft kembali masuk ke bisnis Ponsel. Microsoft surface Neo, merupakan tablet lipat "2-in-1" 9 inci yang kalau kedua layarnya dibuka menjadi 13 inci. Surface Neo tidak menjalankan Windows tetapi Windows 10X, sebuah operating system yang dibuat Microsoft untuk ponsel. Menariknya Surface Neo dilengkapi dengan keyboard virtual serta keyboard fisik pada bagian belakang yang bisa dilipat kedapan, juga kompatibel dengan surface pen dan mouse bluetooth.    
Microsoft Surface Duo Image Credit : Microsoft
Kelima Microsoft Surface Duo. Siapa bilang Microsoft alergi dengan Android, buktinya tablet anyarnya ini menggunakan OS Android. Secara fisik Surface Duo bisa dibilang surface Neo versi kecilnya. Layarnya 5,6 inci saat dilipat, dan ketika dibuka layarnya akan menjadi 8,3 inci. Dapur pacunya sudah ditenagai chipset Snapdragon 855, buatan Qualcomm. Surface Duo juga dilengkapi dengan keyboard virtual serta keyboard fisik pada bagian belakang yang bisa dilipat kedapan, serta kompatibel dengan surface pen dan mouse bluetooth. []

No comments:

Post a comment