Yang Datang Dan Yang Hilang Pada iPhone 11 - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Tuesday, 17 September 2019

Yang Datang Dan Yang Hilang Pada iPhone 11

Magzly.com - Apple telah secara resmi meirilis iPhone  11 di Steve Jobs Theater, AS, pada 10 September lalu. Banyak informasi baru dari smartphone anyar Apple itu yang belum diketahui dari bocoran informasi sebelumnya. Selebihnya seperti processor, RAM, display, baterai, kamera yang notabene menjadi jualan utama Iphone 11, serta spesifikasi lainya sudah tersebar dalam bocoran yang pernah kita ulas. 
Image Credit : Apple
Ada beberapa fitur baru yang mungkin tidak menjadi perhatian dari public, dan juga tidak ditonjolkan Apple pada waktu perilisan kemarin. Ada juga fitur yang hilang dan tidak disampaikan penjelasanya. Bisa dimengerti kenapa detail itu tidak menjadi sorotan Apple dalam keynote waktu perilisan, mungkin kurang menarik bagi audience yang haus akan fitur baru. Padahal fitur pendukung yang disematkan atau dihilangkan bisa saja penting bagi penggemar iPhone. Berikut ini disampaikan beberapa fitur dan teknologi yang datang dan yang hilang pada iPhone 11.

Pertama iPhone 11 sudah mendukung teknologi Wifi 802.11ax atau disebut juga dengan Wifi 6, yang menawarkan kecepatan Wifi 4 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Wifi 6 menggunakan frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz serta punya band tambahan 1 dan 7 Ghz. Berdasarkan tes, Wifi 6 mempunyai kecepatan sekitar 11 Gbit/s atau bisa melakukan transfer data sekitar 1Gb perdetik. 

Hal ini memungkinan sebuah smartphone melakukan pengiriman data lebih banyak dan lebih cepat serta koneksi lebih stabil. Tetapi saat ini Wifi 6 belum banyak berfungsi bagi smartphone yang menggunakannya seperti iPhone dan Samsung Galaxy S10. Teknologi ini mungkin akan berguna untuk masa yang akan datang, setelah teknologi layanan penyedia internet medukung koneksi dengan Wifi 6. 

iPhone 11 juga sudah menyematkan sebuah chip Ultra Wideband yang disebut dengan U1 "Spatial wareness". Teknologi ini memungkinkan sebuah iPhone menemukan iPhone lainnya dengan akurat ketika berada mereka berada dalam jarak dekat. Apple mengatakan teknologi ini untuk meningkatan penggunaan layanan berbagai file milik mereka AirDrop, dimana penguna iPhone yang berdekatan bisa melakukan pertukaran file dengan cepat.

Kemudian iPhone 11 khusus iPhone 11 Pro dan Pro Maz sudah dilengkapi charger USB Type C 18 W. Bagi smartphone dengan OS android charger dengan daya 18 Watt sudah biasa, tapi bagi iPhone ini yang pertama. Pada iPhone sebelumnya Apple cuma memberikan charger berdaya 5 watt. Menurut Apple, iPhone 11 Pro mampu mengisi baterai dari 0 ke 50 persen dalam waktu 30 menit. 

iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max sedikit lebih berat dari iPhone-iPhone sebelumnya. Sedangkan iPhone 11 hampir sama beratnya dengan iPhone XR. Berat tambahan ini kemungkinan berasal dari tambahan kamera yan ada dibagian dibelakang, serta dari baterai yang lebih besar.

Selanjutnya pada iPhone 11 ini Apple sudah tidak lagi menggunakan  fitur 3D Touch. Sepertinya Apple memang tidak berminat lagi menggunakan fitur ini. Mereka mulai menghapus fitur 3D Touch pada iPhone XR yang dirilis tahun lalu. 3D Touch merupkan fitur tambahan yang memungkinkan pengguna iPhone untuk mengakses fitur menu hanya dengan menekankan jari pada layar dengan keras. Fitur ini pertama kali disematkan Apple pada iPhone 6S yang dirilis pada tahun 2015 lalu. []

No comments:

Post a Comment