Porsche Taycan, Mobil Listrik yang Setara Supercar - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Monday, 9 September 2019

Porsche Taycan, Mobil Listrik yang Setara Supercar

Magzly.com - Porsche Taycan telah resmi dirilis pada Rabu (4/9/19) lalu, hadir dengan dua varian yakni Turbo dan Turbo S. Dilansir Autocar.co.uk, Porsche Taycan merupakan mobil listrik tercepat yang sudah hampir setara dengan supercar. 
Image Credit : Porsche
Menggunakan transmisi dua kecepatan Taychan diklaim mampu menempuh kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam kurang dari 3 detik. Kemampuan ini diperoleh berkat keputusan Porsche menggunakan Permanen Sycnchronous Motors (PSM), dan meninggalkan Asynchronous Motors (ASM). ASM memang lebih murah dibanding PSM tetapi fisiknya lebih besar, lebih berat dan kurang konsisten.

Berbagai teknologi disematkan pada Taycan seperti kontrol elektronik yang dapat meningkatkan respon dan handling pada motor. Respon throttle pun dikatakan lima kali lebih cepat dari mobil konvensional, kontrol traksi pun lebih cepat 10 kali. Juga ada Porsche Stability Managament yang bisa digunakan pada mode sport, dimana ada beberapa mode berkendara pada Taychan yakni normal, sport, sport plus dan range.
Image Credit : Porsche
Tidak saja pada bagian elektrical, bagian lain juga mendapat sentuhan lebih, seperti untuk suspensi Taycan mengggunakan suspensi udara tiga ruang. Teknologi ini memungkinkan mobil turun sampai 22mm atau naik 20mm. Ketika suspensi turun, bisa meningkatan kecepatan dan efisiensi kendaraan saat melaju. Sedangkan suspensi naik digunakan ketika melewati jalan rusak dan banyak halangan.

Porsche Taycan juga sudah menggunakan kontrol chasis yang dinamis. Walapaun optional, ini harusnya jadi pilihan ketika anda mau membeli Porsche Taycan. Teknologi aktuatornya dapat mengurangi body roll sampai nol derjat, yang membuat mobil lebih stabil ketika berada ditikungan. 

Mobil ini ditenagai motor listrik dengan tenaga 616hp dan dipadukan dengan Overboost dan Launch Control. Taycan Turbo dapat mengeluarkan tenaga 671hp dengan torsi 850 Nm, sedangkan Turbo S tenaganya lebih besar lagi yaitu 750hp dengan torsi 1050Nm. Tetapi kecepatan maksimum keduanya sama sama 260 km/jam. Menggunakan Baterai 90 kWh, Taychan diklaim bisa menempu jarak 450 km dalam kondisi full. 
Image Credit : Porsche
Taychan merupakan mobil listrik pertama yang menggunakan sistem pengisian fast charging 800 volt pada daya 350kWh. Lima menit saja anda mengisi daya sudah bisa untuk 100km perjalanan, dan pengisian dari 5% ke 80% hanya membutuhkan waktu sekitar 29 menit saja. Disebutkan juga Taychan juga memiliki sistem pendingin baterai yang membuat suhunya lebih terkontrol.
  
Taychan memiliki bobot sekitar 2,2 ton hampir sama dengan Tesla Model S Performance. Walaupun Taychan lebih pendek dari Porsche Panamera, namun ruang kabin dalamnya lumayan lega. Apalagi bagi penumpang balakang posisi kaki akan sangat nyaman, karena posisi baterai sudah dipindahkan ke bagian depan. Dashboard juga sudah dilengkapi dengan panel 10,9 inchi dan layar 8,4 inchi, dan Taychan juga sudah terintegrasi dengan Apple Music. 

Porsche Taychan Turbo dibanderol dengan kisaran harga $151.000 atau sekitar Rp2,1 miliar. Sementra Turbo S sekitar $185.000 atau sekitar Rp2,6 miliar. Memang cukup mahal sih, tapi porsche juga berjanji akan mengeluarkan varian yang lebih murah di masa yang akan datang.[] 

No comments:

Post a Comment