Dilema Update OS iPhone Ke iOS 13 - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Monday, 30 September 2019

Dilema Update OS iPhone Ke iOS 13

Magzly.com - Apple telah merilis iOS 13 pada tanggal 19 September lalu. Seluruh perangkat iPhone dari mulai iPhone SE sampai produk smartphone terbaru iPhone 11 mendapatkan iOS 13. Namun lima hari berselang, Apple melakukan pembaharuan untuk Operating System (OS) anyarnya itu dengan merilis iOS 13.1, kemudian setelah lima hari, Apple kembali memberbaiki OS nya dengan merilis iOS 13.1.1.
Image Credit : Apple
Pertanyaan kenapa Apple melakukan pembaharuan untuk OS nya itu dalam waktu yang sangat berdekatan? Kenapa tidak sekalian saja di rilis ketika systemnya sudah oke, dan melewati serangkain tes untuk mencari bug atau celah? 

Informasi yang didapat dari berbagai orang yang melakukan update dengan cara OTA (On The Air) ada permasalahan pada perangkat setelah terinstall iOS 13. Beberapa kendala seperti banyak aplikasi tidak kompatibel, sinyal seluler tidak stabil, kemampuan mengambil gambar jadi lambat, air drop yang tidak berfungsi, iMessage dan facetime yang juga bermasalah, serta masalah lainnya.

Tetapi Apple tidak diam saja, mereka mendengar keluhan pemakai iPhone dengan OS terbaru itu, makanya dengan buru-buru dirilislah iOS 13.1 hanya berselang lima hari dari iOS 13 diluncurkan. 

Selain menambal bug, Apple juga menghadirkan fitur ETA (Estimated Time of Arrival) pada Apple Maps, meningkatkan akurasi AirDrop, menambahkan fitur baru battery throttling yang dapat mengoptimalisasi bateray ketika di charge. Setidaknya ada sekitar 24 bug yang sudah ditambal Apple pada iOS 13.1 ini.

Ternyata tidak hanya sampai disitu, kemarin lagi-lagi Apple merilis iOS 13.1.1. Pembaharuan ini dilakukan terkait penemuan bug yang dapat dieksploitasi oleh peretas. Apple mengatakan ada masalah pada aplikasi keyboard pada iOS 13.1 yang memungkinan pengguna iPhone bisa mentransfer data melalaui koneksi internet walaupun tanpa otorisasi.

Beberapa kendala lain yang diatasi oleh iOS 13.1.1 adalah perbaikan performa siri, memperbaiki system yang memungkinkan pengguna untuk melakukan restore data dari backup. Sebenarnya pembaharuan yang dilakukan Apple terhadap iOS untuk meningkatkan performa, kegunaan, privasi pengguna, dan menghadirkan fitu-fitur baru yang membuat iPhone semakin modern. 

Walaupun di awal perilisan ada beberapa masalah, tetapi Apple telah memperbaikinya, bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Jadi bagi anda yang mempunyai iPhone dan mendapatkan update lebih baik di update saja. []

No comments:

Post a comment