Wrangler Rubicon, Land Criuser Prado, Marcedes G-Class, Mana Yang Unggul? - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Thursday, 29 August 2019

Wrangler Rubicon, Land Criuser Prado, Marcedes G-Class, Mana Yang Unggul?

Image Credit : Diariomotor
Magzly.com - Bagaimana kalau mobil Jeep Wrangler Rubicon dibandingkan ketangguhannya dengan Marcedes G-Class dan Toyota Land Criuser Prado di medan off road ? Apakah Jeep Wrangler Rubicon dengan as roda depan dan belakang yang kokoh, ban 33 inci yang unggul, atau Marcedes G-Class dan Toyota Land Criuser Prado yang lebih mumpuni?   

Channel Youtube Diariomotor mencoba melakukan test pada ketiga mobil 4WD tesebut. Video dimulai dengan menampilkan spesifikasi ketiga mobil yang mempunyai sistem penggerak 4 roda tersebut secara diatas kertas. Fitur-fitur, interior pada dashboardnya, model dari berbagai sudut, transfer case pada 4 rodanya, fitur traksi control, ground clearance, type ban dan ukurannya, proteksi pada bagian bawah mobil dan lainnya.

Diatas kertas Jeep Wrangler Rubicon unggul dengan 94,8 poin, Marcedes G-Class 93,4 dan Toyota Land Criuser Prado 85,1. Tetapi dari video Channel Youtube Diariomotor penilaan di atas kertas dengan penilaian "diatas tanah" adalah sesuatu yang berbeda. 

Dimulai dengan melewati beberapa lubang yang besar dan dalam. Rubicon bekerja sangat baik pada tes ini, cukup stabil berkat penguncian diferensial pada roda depan dan belakang, serta gandar yang solid. Pada land Cruiser Prado suspensi independennya mengangkat roda ban cukup tinggi dan menggulirkan mobil secara signifikan ketika rodanya jatuh ke lubang. Mercedes G-Class dengan suspensi yang tangguh juga membuat mobil cukup stabil ketika menghadapi goncangan akibat roda keluar masuk lobang.

Pada rintangan selanjutnya melewati jalan berpasir dengan tanjakan yang cukup extrim, ketiga mobil bisa melewati rintang ini dengan cukup baik. Hanya Marcedes G-Class lebih menonjol tanpa kehilangan traksi sama sekali. Begitupun pada saat melewati tanjakan berbelok dan ada lobang besar ditengahnya, ketiga mobil berhasil melewatinya, hanya saja Land Cruiser Prado agak sedikit kesusahan untuk melewatinya.  

Rintangan keempat adalah menarik mobil melewati tanjakan extrim sekitar 30 derjat dengan jalan yang berpasir. Toyota Land Cruiser Prado berhasil menarik Jeep Wrangler Rubicon sampai keatas walpun sempat kehilangan traksi. Jeep Wrangler Rubicon stuck ditengah pendakian dan terpaksa mundur kembali ketika menarik Toyota Land Cruiser Prado. Sedangkan Mercedes G-Class mampu menarik Toyota Land Cruiser Prado dengan tenang tanpa kehilangan traksi sama sekali, walaupun tali penariknya putus.  

Nah untuk rintang terakhir melewati tanjakan yang sangat vertikal dari sebelumnya serta pasir tebal pada jalanya. Toyota Land Criuser Prado yang mendapat kesempatan pertama dan stuck diujung pendakian setelah tidak ada lagi cengkraman pada roda depan dan belakang untuk terus maju kedepan. Sedangkan Jeep Wrangler Rubicon stuck lebih dulu dari Land Criuser Prado, ini mungkin disebabkan sudut breakovernya lebih kecil yakni 20.8 derjat. Hanya Mercedes G-Class yang mampu melewati rintang terakhir dengan mulus. 

Anda bisa lihat ulasan lengkapnya di chanel youtube diariomotor, dimana akhirnya dari tes Marcedes G-Class menempati urutan pertama, diikuti Land Criuser Prado posisi ke dua dan Jeep Wrangler Rubicon pada posisi ke tiga. Hal ini sesuatu yang normal terjadi, dimana terbaik diatas kertas belum tentu tebaik dalam keadaan sebenarnya. Dan tes pada medan lain, bisa jadi hasilnya berbeda untuk ketiga mobil. []

No comments:

Post a comment