Monitor Tidak Nyala Setelah Restart dan CPU Tidak Mati Setelah Shutdown - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Saturday, 3 August 2019

Monitor Tidak Nyala Setelah Restart dan CPU Tidak Mati Setelah Shutdown

Magzly.com - Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 bukan lagi hanya sebuah software, tetapi merupakan sebuah layanan. Dalam implementasinya Microsoft akan melakukan udapte terhadap Windows 10 sesuka mereka. Pengguna 10 tidak bisa bisa protes, tidak bisa mematikan windows update, hanya bisa menunda dan memilih waktu updatenya saja.

Itu sebenarnya bagus, Microsoft akan bisa langsung menambal celah dan memperbaiki gangguan keamanan system pada OS yang dirilis. Namun permasalahannya adalah, banyak kendala yang terjadi setelah proses update selesai. Contohnya driver menjadi tidak kompatibel, aplikasi menjadi error, blue screen dan banyak lagi lainnya.

Monitor tidak mau nyala setelah restart dan tidak mati setelah shutdown

Seperti ada satu masalah yang terjadi setelah update Windows 10, monitor tidak mau nyala kembali pada perintah restart dan CPU  tidak mati pada perintah shutdown. Apapun perintahnya baik restart atau shutdown akan menyebabkan monitor mati sedangkan CPU masih menyala.

Solusi terakhir terpaksa komputer dimatikan paksa dengan menekan tombol power cukup lama, kemudian baru dinyalakan lagi. Tetapi ini kalau dilakukan sering-sering tentu saja akan membuat komputer rusak, terutama bagian hardisknya. Jadi harus ada solusi untuk memperbaiki masalah ini.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, pertama melakukan perubahan system setting pada power option. Setelah update ada beberapa tambahan setingan pada power plan. Buka power option pilih system setting, lalu klik change settings that are currently unavailable dan uncheklist Turn on fast startup (recommended). 
Inilah salah satu biang keladinya, karena tidak semua komputer bisa menjalankan perintah ini terutama komputer jadul. Sedangkan setingan defaultnya, perintah otomatis terceklis. Itulah yang menyebabkan komputer tidak bisa mati saat shutdown dan monitor tidak nyala saat restart.

Kalau cara diatas tidak bisa maka bisa melakukan cara berikutnya. Disable intel management engine interface. Ini adalah teknologi baru yang diterapkan intel pada chispetnya diatas tahun 2010. Intel Management Engine bisa dikatakan komputer dalam komputer. Ia mempunyai akses ke memory, jaringan, input output dan lainnya pada sebuah komputer.
Caranya adalah buka device manager cari system devices, klik kanan Intel(R) Management Engine interface kemudian disable device. Coba lagi restart atau shutdown komputer, apakah cara yang diterapkan ini sudah berhasil atau belum?

Monitor Tidak Nyala Saat Sleep dan Standby

Ada juga masalah yang terjadi setelah update Windows 10, Monitor komputer tidak nyala lagi setelah saat posisi sleep atau standby. Biasanya ketika berada pada posisi sleep atau standby, layar akan lagsung nyala saat tuts keyboard ditekan. Ini tidak, layar tetap gelap namun CPU masih nyala seperti tidak ada terjadi apa-apa.
Untuk mengatasi ini, kembali lakukan pengaturan pada power options, edit plan settings. Pada turn off the display klik never, kalau laptop pilih never untuk on battry dan plug in. kemudian pada put the computer to sleep pilih juga never. pilihan ini akan membuat monitor nyala terus walaupun dalam posisi stanby.[]

No comments:

Post a Comment