Mengabungkan File PDF Secara Online - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Wednesday, 14 August 2019

Mengabungkan File PDF Secara Online

Magzly.com - Bagi anda yang bekerja dengan file berbentuk PDF ada beberapa kendala yang sering jadi masalah. Seperti bagaimana cara mengedit file PDF? bagaimana cara mengabungkan banyak file PD menjadi satu file saja? Kemudian bagaimana cara meresize ukuran file PDF yang terlalu besar menjadi kecil, sehinga bisa dikirim via email?
Image Credit : PDF Merge
Sedikit kita bahas tentang PDF, PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, digunakan sebagai pengolah data yang sudah dibuat dari aplikasi seperti Microsoft Word, excel dan lainnya. Kelebihannya file PDF adalah lebih flexibel dan mudah dibuka dari Operating System apa saja, seperti Windows, Linux, iOS, serta Android.

Selain itu PDF juga relatif aman, artinya file yang bereksistensi PDF sudah seperti di flaten. Tidak mudah untuk mengeditnya, kecuali dengan aplikasi-aplikasi khusus, seperti Adobe Acrobet Reader. Dan itu pun tidak seperti kita mengedit file di Microsoft Word atau Excel, akan ada beda bentuk file asli dan editannya. Ini kadang juga jadi kelemahan PDF yang sering dikeluhkan, karena susah sekali untuk mengeditnya.

PDF pertamakali dibuat oleh Adobe System, sebuah perusahaan software besar yang menciptakan aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premier Pro, Adobe After Effect serta keluarga Adobe lainnya. Patut diapreasiasi, aplikasi buatan Adobe ini telah merubah cara orang berkreasi dalam berbagai hal, terutama dalam dunia digitalisasi.

Nah sekarang masuk kepada materi seperti judul diatas bagaimana cara mengabungkan beberapa file PDF menjadi satu file secara online. Berikut ini dijelaskan dan ditunjukkan beberapa aplikasi untuk mengabungkan file PDF secara online.

1. PDF Merger

Aplikasinya bisa dibuka melalui link berikut. Cara menggunakanya cukup mudah hanya dengan mengklik tombol choose file kemudian pilih file PDF yang akan digabungkan, kemudian klik tombol Merge Files.

2. iLOvepdf

Aplikasinya bisa dibuka pada link berikut. Cara menggunakannya juga cukup gampang cukup dengan mengklik select PDF Files, kemudian pilih file PDF yang akan digabungkan, atau bisa juga diambil langsung dari file PDF yang ada pada google drive atau Drob box. Klik add dan pilih kembali file yang akan digubungkan, setelah lengkap klik merge PDF, lalu klik download merge PDF untuk melihat hasilnya. 

3. Smallpdf

Aplikasinya bisa dibuka pada link berikut. Sama seperti cara pada aplikasi sebelumnya, pertama klik tombol Drop PDF untuk memasukkan file PDF, setelah itu klik add untuk menambah file PDF yang akan digabungkan, lalu klik merge PDF dan setelah selesai di merge klik download. 

4. Combine PDF

Aplikasinya bisa di buka pada link berikut. Menarikanya Combine PDF sudah support bahasa Indonesia yang membuat aplikasi lebih familiar untuk digunakan. Setelah membuka aplikasi klik Unggah File, untuk menambah file PDF yang akan digabungkan klik kembali tombol unggah sampai telihat file-file yang akan digabungkan. Kemudian klik Gabungkan, file otomatis digabungan dan langsung terdownload.

5. Foxit Software

Aplikasnya bisa di download pada link berikut ini. Pertama-tama buka dulu aplikasnya kemudian klik Choose File, setelah berhasil akan terlihat file PDF yang terupload dibagian bahwah halaman aplikasi, klik lagi Choose File untuk menambahan file PDF lainnya. Kemudian klik tombol Merge Files, setelah beberapa saat hasil merger file PDF akan terdownload secara otomatis.[]

No comments:

Post a Comment