Cara Setting Simple Queues Secara Otomatis dengan Script - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Thursday, 8 August 2019

Cara Setting Simple Queues Secara Otomatis dengan Script

Magzly.com - Simple Queues merupakan tool andalan bagi para administrator jaringan untuk melimit koneksi user. Ini karena simple queues tool pada mikrotik setingnya sangat mudah dan bisa langsung dieksekusi dengan script. Contohnya pada jam kerja setingan limitasi Simple Queue diaktifkan dan setelah jam kerja setingannya dimatikan. Teknik ini cukup membantu mengatasi koneksi internet terbatas dengan user yang banyak.

Namun yang akan dibahas sekarang bukan itu, tapi cara membuat simple Queue secara otomatis dengan script, beserta limitasinya. Artinya ketika ingin membuat alamat IP suatu jaringan kelas C sekitar 254 address dengan limitasi upload 2M dan Download 2M, bisa dilakukan secara otomatis. Tidak harus melakukan secara manual satu-satu.

Pertama buka dulu mikrotik router, seperti biasa lebih enak masuk ke dashboard mirotik menggunakan winbox. Kemudian klik menu System > Script, akan muncul menu Script List, lalu klik tanda plus, lalu beri nama script sesuai keinginan. Setelah itu copy script berikut ini dan paste-kan di kolom resource yang ada pada colom new script, dan klik ok.

:for x from 10 to 254 do={/queue simple add name="queue-$x" max-limit=2M/2M target="192.168.1.$x"}
Script diatas menjelaskan bahwa kita akan membuat queue list dari IP ke 10 sampai IP ke 254. Angka 10 bisa diganti sesuai dengan kebutuhan asalkan masih termasuk IP valid sesuai kelas yang dipilih. For x merupakan variabel untuk menunjukkan IP addressnya.  
Queue-$x menjelaskan penamaan limitasi simple queue dengan variable IP address. Max-limit=2M/2M adalah maksimal bandwith untuk upload dan download. Target="192.168.1.$x adalah kelas IP yang buat pada simple queues. 

Begitulah cara membuat simple queues secara otomatis semoga berguna dan bisa diaplikasikan. Script diatas juga bisa diketik langsung pada new terminal dan tinggal enter untuk menjalankannya.[]

No comments:

Post a comment