Blok Game Mobile Lengend Dengan Mikrotik - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Wednesday, 7 August 2019

Blok Game Mobile Lengend Dengan Mikrotik

Magzly.com - Sebagai admnistrator jaringan di kantor atau di manapun kita sering menghadapi dilema. Masih ada oknum-oknum di kantor yang main game online di jam kerja dan menggunakan wifi kantor pula, ckckckc. Ini sudahlah lalai dalam pekerjaan, koneksi internet ngak modal lagi. Namun kadang-kadang yang melakukan malah teman sendiri, huft.

Oke, kali ini kita akan bahas bagaimana cara blok game online mobile legends menggunakan adress list dan filter rules. Sebenarnya bloking juga bisa dilakukan dengan port yang dipakai oleh game. Address listnya adalah IP address yang digunakan untuk mengakses server game mobile legends. 

Lalu bagaimana cara mengetahui alamat IP address yang dipakai? Pertama bisa searching di google maka banyak blog yang membahas tentang ini. Kalau tidak mau bisa dilakukan sendiri dengan cara install game tersebut, tandai nama ponsel kita yang tersambung ke wifi beserta IP nya. 
Kemudian buka fitur torch pilih interfacenya sesuai dengan koneksi yang digunakan. Double klik IP address ponsel dan secara otomatis IP nya akan masuk ke kolom source address. Buka game mobile legend, maka nanti secara otomatis akan muncul IP adress server yang digunakan. 
Tandai IP address tersebut, copy dan buat listnya di address list pada firewall. Buatlah seluruh IP yang dicurigai, tapi harus hati-hati karena dalam list itu juga ada alamat DNS internet. Beri nama IP adress tersebut dengan nama yang sama, seperti ML, games, atau sesuai dengan keingginan masing-masing. 
Setelah didaftarkan sekarang tinggal menjalankan perintah blok di firewall. Pada filter rules klik +, kolom chain isi forward, protocol tcp, input interface isi dengan ethernet yang digunakan. 
Klik advanced, bagian destination address list isi dengan nama yang digunakan pada address list. Klik extra dan pada time atur waktu berlakunya rule ini, misal selama jam kerja saja dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. 
Terakhir klik menu action dan isi dengan drop. Rule ini akan menyebabkan akses menuju server yang digunakan game online tersebut terbloking. 
Walaupun mungkin masih bisa masuk ke dashboard game tetapi waktu memainkan akan timbul kendala. Itu saja, jangan lupa untuk terus belajar.[]

No comments:

Post a comment