Blok Facebook dan Twitter di Mikrotik dengan Layer7 Protocol - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Tuesday, 6 August 2019

Blok Facebook dan Twitter di Mikrotik dengan Layer7 Protocol

Magzly.com - Masih ada yang bertanya tentang cara blokir facebook dan twitter dengan mikrotik. Ini banyak dilakukan pada perusahaan atau kantor-kantor pada jam kerja, biar tidak menggangu pekerjaan. 

Karena banyak karyawan, terutama yang kecanduan media sossial seperti facebook dan twitter menghabiskan waktu kerjanya dengan membuka situs pertemanan tersebut. Pekerjaan jadi terbengkalai, menganggu proses kerja perusahaan, dan bisa saja membuat perusahaan jadi rugi.

Untuk itu pada blog kali ini kita akan membahas cara memblok situs facebook dan twitter menggunakan layer7 protocol di mikrotik. Pertama klik menu layer7 protokol pada firewall. Klik +, ketikkan script seperti gambar dibawah dan beri nama facebook. Lakukan juga hal yang sama pada layer7 protokol untuk twitter.
Selanjutnya pada filter rules klik +, chain isi forward, source address masukkan IP LAN, protocol TCP. 
Pada menu advanced pilih layer7 protocol dan masukkan blok facebook, atau sesuaikan dengan nama yang sudah dibuat tadi, tinggal di scroll kebawah dan pilih.
Content isi dengan facebook, ini akan bloking semua url yang ada konten facebooknya, pada menu action pilih drop. 
Untuk twitter lakukan hal yang sama, hanya pada bagian advanced layer7 protocol diisi dengan blok twiter sesuaikan dengan nama yang dibuat, content diisi twitter.
Saat ada user yang mencoba membuka facebook atau twitter, maka browsernya akan loading seperti not responding. Mereka tidak akan bisa lagi membuka kedua website itu selamanya. Tetapi kalau waktunya mau dibatasi berdasarkan jam kerja bisa dibuat schedulernya.

Begitulah cara melakukan blok website facebook dan twitter pada jaringan kantor. Sebenarnya kalau masing-masing user yang bekerja diperusahaan paham akan tugas dan tanggungjawabnya maka tidak mungkin "main-main" dalam jam kerja.

Admin jaringan juga tidak perlu melakukan bloking pada beberapa situs pertemanan dan video streaming yang sering diakses. Kalau menurut admin sih boleh-boleh saja membuka situs itu asal sekadarnya, tidak berlebihan sampai melupakan tanggungjawab pekerjaan.

Situs video streaming seprti youtube dan situs media sosial seperti facebook dan twitter banyak juga manfaatnya. Contohnya dalam melakukan pekerjaan teknis dan kita tidak tahu cara mengerjakannya, bisa lihat tutorialnya di youtube. Coba kalau youtube diblok mau belajar dimana?

Begitupun dengan facebook dan twitter, ada informasi dan berita penting, dari kolega, family, saudara, atau berita instansi penting seperti kepolisian, BMKG, PLN, Kereta api dan lainnya. Informasi itu mungkin penting untuk diketahui, yang disampaikan lewat facebook atau twitter.[]

No comments:

Post a comment