Membuat Web Server dengan Ubuntu 16.06 LTS (1) - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Wednesday, 11 November 2015

Membuat Web Server dengan Ubuntu 16.06 LTS (1)

Magzly.com - Ubuntu Server 16.04 LTS Xenial Xerus merupakan salah satu distro Linux yang cukup banyak digunakan untk membangun Web Server. Apalagi pada versi 16.04 LTS (Long Time Support) sudah mendapat dukungan support selama 5 tahun.

Pada tutorial ini kita tidak akan membahas tentang cara instalasinya, karena untuk installasi tidak akan sulit dan sudah banyak panduannya. Apalagi misal kita menyewa VPS (Virtual Private Server) dengan OS Linux Ubuntu Server, intalasi sudah otomatis dari penyedia VPS. Namun kali ini yang dibahas adalah cara membangun web server dengan Linux Ubuntu Server 16.04 LTS.

Konfigurasi Ubuntu Server ini dilakukan secara text base dengan Putty, pakai LAMP (Linux Apache MySQL Php) Apache2, MariaDB, Php7, PhpMyadmin, dan untuk upload file menggunakan winSCP.

1. Setting IP Statik

Pertama sekali agar Ubuntu Server bisa diremote dengan putty maka perlu dilakukan konfigurasi Ip addressnya. Sebab nantinya putty membutuhkan destinasi spesifik yang akan dikoneksikan. Sebenarnya selain Ip addressnya bisa juga menggunakan Host Name (domain). Berikut cara setting ip address pada linux Ubuntu server dengan terminal (command prompt)

root:~$ sudo nano /etc/network/interfaces

Ganti Ip address sesuai dengan yang diinginkan misal dalam contoh ini saya menggunakan IP : 192.168.0.83, netmask : 255.255.255.0, gateway : 192.168.0.1, dan masukkan DNS nya sesuai dengan DNS dari ISP.

Tapi kalau kita menyewa VPS dengan OS Ubuntu Server, maka kita tidak perlu setting Ip publiknya karena secara otomatis Ip public yang dikasih oleh penyedia VPS adalah Ip address dari Ubuntu Server. Jadi tinggal masukkan Ip tersebut pada Putty. Setelah setting Ip address restart network :

root:~$reboot

Kalau masih tidak berubah IP nya lakukan disable enable ethernet :

root:~$ifdown enp0s3 && ifup enp0s3. 

2. Install Open SSH

OpenSSH adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada linux untuk melakukan proses pertukaran data dengan satu jalur yang aman. Berikut cara install OpenSSH pada Ubuntu server, pertama cek dulu apakah sudah ada openssh yang terinstall :

root:~$sudo dpkg -l |grep ssh
Pada contoh diatas opensshnya sudah tersintall, kalau belum terinstall berikut cara install openssh :

root:~$sudo apt-get install openssh-server nmap

Kemudian untuk mencek apakah server sshnya sudah open ketikan perintah berikut :

root:~$nmap localhost

3. Remote dengan Putty

Semua langkah yang dilakukan pada tahap sebelumnya menggunakan terminal langsung dari Ubuntu Server. Sekarang setelah seting Ip static dan instal OpenSSH maka selanjutnya konfigurasi kita lakukan dengan remote lewat putty. Apa itu putty? Pertanyaan itu akan muncul ketika anda baru pertama kali mengetahuinya. Putty adalah suatu console yang digunakan untuk meremote komputer dengan menggunakan port ssh.

Pertama download dulu aplikasi putty, setelah itu open aplikasi, tampilannya seperti gambar dibawah. Pada Host Name (or IP address) masukan Ip address yang telah disetting sebelumnya yakni 192.168.0.83 dengan port 22. Connection type pilih SSH, kemudian klik open, maka tampilannya akan seperti tampilan terminal pada linux. 
4. Install Apache

Kalau pada Windows kita menggenal XAMPP, maka pada Linux dikenal dengan LAMPP yakni Linux Apache MySql Php. Apabila kita ingin membangun sebuah web server maka apklikasi ini sangat dibutuh sebagai server lokal. Pada LAMP yang pertama diinstall adalah Apache yaitu server lokal yang disebut juga dengan localhost. Berikut langkah install LAMP pada Ubuntu Server :

root:~$sudo apt-get install -y apache2
Setelah berhasil install dan tidak ada yang error makan selanjutnya adalah cek status server Apachenya :

root:~$service apache2 status

Apabila pada status apache tidak ada yang error dan keterangan Activ Running maka anda telah berhasil install Apache dan satu tahap dalam install LAMP sudah selesai. Coba anda buka browser dan ketikkan Ip addres Linux Ubuntu server anda yang telah disetting tadi misal : 192.168.0.83, maka hasilnya akan muncul tampilan defaul halaman Apache. (Bersambung ke blog selanjutnya)

No comments:

Post a comment