Cara Mengetahui Komputer yang Online dengan IP Scan Mikrotik - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Friday, 2 October 2015

Cara Mengetahui Komputer yang Online dengan IP Scan Mikrotik

Magzly.com - Admin jaringan kadang mempunyai tanggungjawab untuk mengetahui perangkat mana saja yang masih konek ke internet, terutama setelah jam kerja habis. Karena ada saja user malas di kantor yang pulang begitu saja tanpa shutdown komputernya terlebih dahulu.
Ini tentu saja bisa merugikan perusahaan, seperti bisa saja komputernya rusak, pemborosan listrik, dan lainnya. Kalau komputer dan laptop yang ada di kantor kurang dari 10 unit, bisa dicek langsung satu-satu. Namun kalau jumlahnya lebih dari 100, bisa gempor juga tuh untuk memeriksanya satu persatu.

Nah, mikrotik router mempunyai sebuah tools yang bisa mengecek komputer mana saja yag masih nyala, namanya adalah IP Scan. Tools ini berfungsi untuk melakukan scaning pada seluruh perangkat yang masih konek ke mikrotik router. 

Sesuai dengan namanya tool ini melakukan scaning berdasarkan IP. Jadi seluruh IP dari komputer, laptop atau device lainnya akan terscaning secara otomatis. Disitu akan kelihatan IP mana saja yang masih aktif, dan menandakan persangkatnya masih menyala.

Menariknya tool ini bisa melakukan scan pada jaringan dengan beberapa cara, yakni dengan IP Range, IP Prefik dan berdasarkan interface yang digunakan. Hasilnya selain IP juga didapat Mac Address, SNMP name dan Netbios name.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, setelah masuk ke dashboard mikrotik, klik tools dan dilanjutkan memilih IP Scan. Disitu ada dua pilihan, scaning berdasarkan interface atau berdasarkan address range. 

Pada contoh ini dicoba berdasarkan interface, setelah dimasukkan sesuai pilihan jalankan dengan klik start. Biarkan beberapa saat dan akan terlihat IP berapa saja yang masih online. Segitu saja blog kali, jangan pernah berhenti belajar.[]  

No comments:

Post a Comment