Cara Mengatasi Lupa Password Pada Mikrotik - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Saturday, 3 October 2015

Cara Mengatasi Lupa Password Pada Mikrotik

Magzly.com - Lupa merupakan salah satu keadaan yang pasti terjadi pada setiap manusia. Istilah kerennya lupa adalah sangat manusiawi, jadi kalau lupa ya tidak ingat, hehehe. Tapi bagaimana kalau yang lupa itu password admin mikrotik? Mmmm, bisa berabe juga.

Sekarang pertanyaannya bagaimana kalau lupa pasword admin mikrotik? Kita tentu tidak bisa melakukan setting up atau maintenance jaringan, apalagi kalau sedang ada kendala. Sebenarnya saat kita masuk ke dashboard mikrotik menggunakan winbox dengan mengklik save, maka secara otomatis winbox akan menyimpan username dan password yang digunakan.
Kalau sudah tersimpan, untuk mengetahui user dan password cukup gampang. Ketika masih di halaman login winbox, klik tool dan pilih export addresses, simpan pada tempat yang mudah dicari. Setelah itu cari file yang disimpan tadi type filenya wbx, dan buka dengan notepad. Hasilnya seperti gambar dibawah ini. 
Pada bagian yang diberi tanda titik ada username dan password yang digunakan. Namun ini hanya bisa dilakukan pada username dan password yang sudah di save. Kalau belum di save tidak akan bisa dideteksi username dan passwordnya.

Terus bagaimana kalau username dan password belum tersave? Ada cara lain yaitu dengan menggunakan mikrotik password recovery. Tapi cara ini juga ada syaratnya, admin sudah melakukan backup file mikrotik sebelumnya dan meyimpan pada komputer. 
Buka dulu website mikrotik password recovery dibrowser, pada pilih file cari file backup yang telah disimpan, masukan captcha dan klik upload and show me. Anda akan melihat seluruh username dan password yang tersimpan pada mikrotik.

Demikianlah cara mengatasi lupa password pada mikrotik router. Namun hati-hati juga karena cara ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungawab untuk menjebol setingan mikrotik. So, jangan pernah berhenti untuk terus belajar.[]

No comments:

Post a comment