SETTING VPN SERVER PADA MIKROTIK - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Tuesday, 15 September 2015

SETTING VPN SERVER PADA MIKROTIK

Magzly.com - VPN adalah singkatan dari Virtual Privat Network, yakni koneksi virtual dari pc client ke dalam jaringan lokal yang menggunakan IP Publik. Karena bersifat virtual, tidak semua orang bisa mengaksesnya. Biasanya untuk masuk kedalam jaringan lokal dengan VPN dibutuhkan user dan pasword sebagai autentifikasi.

Sekarang yang jadi pertanyaan amankah menggunakan VPN terutama ketika mengakses data-data server yang bersifat rahasia? Kalau berdasarkan konsep VPN itu sendiri teknik ini sangat aman, sebab jalur VPN merupakan koneksi terselubung (tuneling). Kemudian data yang dikirimkan pun secara otomatis akan terenkripsi, sehingga data atau file akan tetap aman walaupun dialirkan lewat IP publik. Ada tiga fungsi utama dari VPN yaitu kerahasian, keutuhan data dan autentifikasi.

Pada sebuah kantor, VPN sering digunakan untuk melakaukan remote, dimana client dapat mengakses soruce yang ada dijaringan lokal walaupun saat itu tidak ada dikantor. Untuk orang-orang tertentu yang mobile (sering kerja di luar daripada di dalam kantor) penggunaan VPN sangat membantu. Mereka tetap bisa mengkases server dan aplikasi yang digunakan perusahaan seakan-akan mereka ada dikantor.

Namun selain kelebihan seperti memudahkan, mengurangi biaya, meningkatkan mobilitas dan lainnya, VPN juga mempunyai kelemahan yang lebih mengarah ke user. Dengan memberikan akses ke client, otomatis mereka bisa mengakses seluruh source yang ada di perusahaan termasuk informasi-informasi yang sensitif. Untuk itu perlu pembatasan client yang mempunyai akses dengan VPN. Oke, sekarang kita akan membahasa cara setting VPN pada mikrotik menggunakan winbox, check it out.

Pertama klik PPP klik PPTP sever dan klik Enable
Kembali ke PPP >Klik + >PPTP Server >Name : VPN Server (terserah anda defaultnya pptp-in1)
kemudian membuat IP Pool yang akan dijadikan IP addres untuk client VPN klik IP >Pool >Tulis nama dan IP Address sesuai kebutuhan anda.

Selanjutnya buatlah Profiles pada PPP klik Profiles >Tulis Name (sesuai keingginan) - Local address IP gateway (IP Mikrotik) - Remote Address nama dari Pool untuk VPN yang telah dibuat tadi.
Klik kembali PPTP Server dan pada bagian Default Profile klik panah kebawah dan cari nama profiles yang telah dibuat tadi. Terakhir buat user dap pasword untuk client, pada PPP klik Secret >Name tulis sesuai kebutuhan - Pasword tulis sesuai kebutuhan - Services : PPTP - Profile : klik panah kebawah dan cari nama profile yang telah dibuat tadi
Setting VPN Server sudah selesai, tinggal selanjutnya setting VPN pada client yang akan kita bahasa pada artikel selanjutnya. Selamat mencoba,Magzly.com 

No comments:

Post a Comment