Setting Transparant Proxy di Mikrotik - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Tuesday, 15 September 2015

Setting Transparant Proxy di Mikrotik

Magzly.com - Pembahasan tentang proxy dalam dunia internet merupakan pembahasan yang menarik. Orang-orang yang biasa berkecimpung dalam dunia networking pasti sudah terbiasa dengan istilah proxy. Pada dasarnya proxy adalah sebuah server yang menjembatani pengguna dengan internet. 

Jadi ketika ada seorang user yang sedang akses internet, maka proxy sebagai media yang menyampaikan permintaan orang tersebut ke internet. Begitupun sebaliknya informasi dari internet pun harus masuk ke proxy dulu sebelum diberikan ke pengguna internet.

Banyak sekali manfaat dari penggunaan proxy, terutama bagi orang yang bertugas mengelola jaringan internet dalam suatu kantor. Tanpa proxy akan banyak masalah yang terjadi pada jaringan yang dikelolanya. Apalagi kalau jaringan pada kantor tersebut sudah dalam skala yang cukup besar. Dengan proxy masalah load internet bisa diatas dengan limitasi, dan situs-situs tidak penting yang sering diakses user bisa diblok.

Secara umum ada tiga fungsi dari proxy, yakni sharing, caching dan filtering. Sharing yaitu dengan proxy server bisa secara bersama-sama mengakses internet. Caching adalah cache seluruh akses internet yang dilakukan oleh pengguna. Sehingga nanti apabila ada pengguna lain yang ingin membuka situs yang sama, tinggal mengambilnya di proxy. Sedangkan Filtering adalah penyaringan terhadap website yang contennya tidak diinginkan.

Baiklah sekarang akan kita mulai cara setting Trasparan Proxy pada mikrotik dngan winbox.
1. Klik IP >Web Proxy >Web Proxy Settings >Klik Enable dan sesuaikan dengan gambar dibawah ini untuk cache administrator isi dengan email anda.
2. Selanjutnya menambahkan rule pada NAT yang berfunngsi untuk mengalihkan koneksi internet dari port 88 ke port 8080 (port web proxy). Caranya klik IP >Firewall >NAT >klik + >General - Chain : dstnat - Protocol : tcp - Dst. Port : 80 >Klik Action - Action : redirect - To Ports : 8080.

Proses pembuatan trasparant proxy sudah selesai, untuk mengetahui apakah transparant proxy yang dibuat sudah jalan atau belum bisa di cek langsung pada web proxynya. Pada webproxy klik connections dan lihat apakah cache user dan received from servernya sudah ada nilainya. Kalau sudah ada isinya berarti trasparan proxynya sudah berjalan. Selamat mencoba,.

No comments:

Post a comment