Routing Dinamik - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Monday, 28 September 2015

Routing Dinamik

Magzly.com - Dalam artikel bagian kedua ini kita akan lebih banyak membahas tentang Routing Dinamik, sebab pembahasan tentang routing statik telah ditampilkan pada artikel sebelumnya dengan judul routing dua segmen network pada mikrotik. Oke, sekarang apa itu routing dinamik? ini juga telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Intinya Routing Dinamik adalah routing yang bersifat dinamis, dimana perubahan table network secara otomatis apabila terjadi perubahan pada jaringan penyokongnya.

Karena bersifat dinamis maka mekanisme routingnya memerlukan sebuah protocol. Protocol inilah nantinya yang akan mengatur perubahan table routing. Pembahasan tentang Protocol Routing Dinamik banyak sekali bertebaran di internet, silahkan coba googling. Ketikan "Routing Dinamik" pada search engine google maka anda akan menemukan berbagai artikel tentang Routing Dinamik. Makanya pada pembahasan kali ini kita tidak akan membahas secara detail teori tentang Protocol Routing Dinamik, namun lebih kepada implementasinya pada mikrotik router.
Beberapa Prototol pada Routing Dinamik :
1. Routing Information Protocol (RIP) adalah protocol yang digunakan dalam jaringan LAN dan WAN, dan diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protocol ini menggunakan algoritma Distance Vector Routing. Apa itu algoritma Distance Vector Routing, kita tidak akan membahasnya disini hehehe.

2. Internal Gateway Routing Protocol (IGRP) adalah protocol distance vector (kita juga tidak akan membahasnya disini). Protocol ini diciptakan oleh Cisco untuk mengatasi kekurang dari protocol RIP. Ini juga diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGRP). Protocol ini tidak tersedia pada mikrotik, mungkin karena protocol buatan saingan kali, hehehe.

3. Open Shortest Path First (OSPF) adalah protocol yang menggunakan algoritma link state. Routing Protocol ini merupakan standar terbuka yang telah banyak diimplementasikan pada jaringan-jaringan dalam skala besar.

4. Border Gateway Protocol  (BGP) adalah protocol yang menggunakan algoritma distance vektor. BGP bisa dibilang adalah inti dari routing internet, backbone dari jaringan internet dunia dalam melakukan routing antar jaringan.

Dari ke-empat jenis tersebut, protocol yang disediakan oleh mikrotik cuma tiga yakni, BGP, RIP dan OSPF. Ketiga protocol tersebut akan kita bahas satu persatu, bagaimana implementasinya di mikrotik. (Bersambung) 


No comments:

Post a comment