Limit Video Streaming dengan Layer7 Protocols - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Friday, 11 September 2015

Limit Video Streaming dengan Layer7 Protocols

Magzly.com - Video yang ditonton secara online lewat akses internet saat ini memang sangat digemari. Begitupun ditempat kerja, tak jarang sembari kerja karyawan membuka youtube atau situs video streaming lainnya yang banyak bertebaran di dunia maya. Ini selain menggangu pekerjaan juga menyusahkan karyawan lainnya.

Kenapa dikatakan menyusahkan karyawan lainnya? Sebagaimana yang diketahui untuk streaming dan memutar video secara online dibutuhkan bandwith yang cukup besar. Kalau dalam jam kerja si karyawan badung ini lagi lihat clip musik favoritnya di youtube, maka karyawan lainnya yang saat itu mau kirim email atau mau download email yang berhubungan dengan kerjaan akan terganggu.

Sebenarnya ada juga perusahaan yang tidak memblokir situs youtube dan situs streaming lainnya selama jam kerja. Ini dengan alasan karena selain dampak negatif, youtube juga memberikan dampak positif bagi karyawan. Banyak ilmu dan informasi bermanfaat ada disana yang berhubungan dengan pekerjaan. Misal seorang teknisi mengalami kendala ketika memperbaiki sebuah alat, kemudian ia membuka youtube dan melihat video tentang alat tersebut, setelah melihat referensi dari youtube, dia berhasil memperbaiki alatnya.

So, semua itu seperti istilah man behind the gun, bukan tentang senjatanya, tetapi tentang orang yang memegang senjatanya. Baiklah pemirsa daripada kita berlarut-larut kita ambil saja jalan tengahnya. Artinya karyawan lainnya tetap bisa akses youtube dan video streaming online yang berhubungan dengan kerja, tanpa menggangu karyawan lainnya yang sedang kirim atau download email.

Bagaimana caranya? Apa harus dibatasi satu-satu tiap website yang menyediakan video streaming? Itu sih boleh-boleh saja kalau staf IT nya mau melakukan. Tapi saya lebih cenderung untuk menggunakan rule pada Layer7 Protocols, sebab lebih simple dan kita juga tidak perlu membuat rule untuk masing-masing situs. Berikut caranya :

1. Buat script di Layer7 Protocols, klik IP >Firewall >Layer7 Protocols > Klik + >Name : limit_video_streaming (ini terserah anda) - Regexp : (get_video\?|videoplayback\?|videodownload\\?|\.flv\?|\.fid\?) >klik ok
2. Rule Mangle, klik IP >Firewall >Mangle >General - Chain : prerouting >Advanced - layer7
Protocols : limit_video_streaming >Action - Action : mark packet - New packet Mark : http-video >klik ok
3. Rule di Queue, klik Queue >klik + >General - Name : http-video (sesuai dengan packet mark) - Address : sesuai dengan alamat dalam jaringan - Max Limit upload dan download : 2M (terserah anda, bisa dibuat lebih kecil atau lebih besar) >Advanced - Marks :http-video - Limit at upload dan download : 2M (terserah anda juga) >klik ok
Demikianlah artikel tentang cara limit video streaming dengan layer7 protocol mangle dan queue, mudah bukan? Semoga artikel ini memberi manfaat, dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment