Limit Bandwith Sama Rata dengan Simple Queue - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Friday, 11 September 2015

Limit Bandwith Sama Rata dengan Simple Queue

Magzly.com - Pada artikel terdahulu telah dibahas tentang cara membagi bandwith sama rata dengan queue tree serta bagaimana cara membagi bandwith berdasarkan maksimal bandwith yang kita berikan dengan simple queue. Nah cara berikutnya hampir sama dengan limit bandwith pada queue tree, yakni kita melakukan pembagian bandwith bergantung pada jumlah client yang mengakses internet.

Misalkan kita mempunyai akses internet dengan maksimal speed 3 Mbps, kalau saat itu ada tiga client yang sedang akses internet secara bersamaan, maka masing-masing akan mendapat speed 1 Mbps. Tetapi kalau saat itu hanya ada satu orang saja yang sedang online maka bandwith yang didapatkan akan full.

Metode pembagian bandwith sama rata dengan manajemen bandwith share atau manajemen bandwith bertingkat dengan simple queue ini bila dibandingkan dengan metode pembagian bandwith dengan queue tree, dirasa lebih simple. Kenapa dikatakan lebih simple? Karena kita cukup hanya membuat rule pada simple queue saja, kalau pada queue tree kita terlebih dahulu harus membuat rule di mangle.

Parameter utama untuk memulai rule ini adalah target IP address client. Karena simple queue limitasi bandwith dilakukan berdasarkan IP address, maka harus ditentukan dulu IP addres cliet dan rentang IP yang dipakai sebagai parent download. Ikutilah langkah berikut :

1. Buat dulu sebuah simple queue sebagai induk dengan target upload dan target download maksimal. Klik Queue >klik + >pada general ketik parent download >lihat gambar dibawah.


2. Kemudian buat queue baru dengan mengklik (+) masukkan nama, target address serta maxlimit upload dan download, lihat gambar dibawah.


3. Selanjutnya klik Advanced, ketikan Limit at untuk target upload dan download masing-masing 1 Mbps, lihat gambar dibawah.


Berdasarkan rule diatas bisa dijelaskan, disaat hanya satu orang saja client yang mengakses internet, maka total bandwith yang bisa dipakainya adalah maksimal yakni 3 Mbps. Tetapi saat bersamaan ada tiga client yang sedang mengakses internet, maka bandwith yang ada akan dibagi rata, yakni sebesar 1Mbps.

4 comments:

  1. mantap gan, coba dengan ini tanpa mikrotik cara membagi bandwith http://loopnetwork21.blogspot.co.id/2016/04/membagi-bandwidh-internet-dengan-rata.html

    ReplyDelete
  2. Tetapi bagaimana kalau misalnya ada 5 yang online dengan settingan seperti di atas,,,apakah tidak mengganggu jaringan, sedangkan minimal limit 1 mbps...tentu tidak akan cukup jatah maksimal bandwidth yang 3mbps

    ReplyDelete