Limit Bandwith Berdasarkan Mac Address - Deep Insight News, History, Science and Technology

Breaking

Friday, 18 September 2015

Limit Bandwith Berdasarkan Mac Address

Magzly.com - Mac address adalah dua kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan orang awam pun sudah banyak yang familiar dengan istilah ini karena Mac Address tidak hanya ada pada PC dan Laptop saja, tetapi juga ada dalam smartphone, tablet, smart TV dan lainnya. Sekarang apa sih itu Mac Address? Menggunakan bahasa sederhana saja, Mac Address adalah penanda fisik perangkat jaringan. Mac Address juga dikenal dengan istilah ethernet address, physical address, atau hardware address.

Mac Addres dalam 7 layer model OSI berada pada lapisan datalink. Dia memiliki alamat yang unik dan berbeda dengan alamat IP Address. IEEE (Institute of Electrical and Electronic Enginer) mengalokasikan blok-blok dalam mac address. Setiap blok direpresentasikan dengan enam bilangan heksadesimal, sehingga total ada 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan Mac Address. Angka-angka itu dipisahkan oleh dua titik seperti contoh berikut ini : 3C:97:03:1C:E0:46.

Fungsi penting dari Mac Address adalah mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Fungsi penting inilah yang memungkinkan sebuah PC dalam suatu jaringan bisa saling sharing data, sharing print, membuka aplikasi berbasis webserver, dan lainnya. 

Namun yang lebih penting dari itu semua, Mac Address juga telah membuat perangkat PC, laptop, smartphone, tablet, smart TV dan lainnya, bisa berkomunikasi dalam jaringan yang lebih luas yang disebut dengan internet.

Ok, saya kira mukadimahnya sudah cukup, diharapkan pembaca semua bisa sedikit paham tentang apa dan bagaimana itu Mac Address. Kita kembali ke laptop, sesuai dengan judul, pada artikel kali ini kita akan coba bahas tentang cara limit bandwith pada mikrotik berdasarkan Mac Address.

Pada jaringan yang IP address nya di setting DHCP, memang ada keterbatasan ketika diterapkan rule limit bandwith berdasarkan IP. Karena IP bersifat dinamik (IP akan berubah sesuia dengan waktu leasisnya) maka rule yang dibuat menjadi tidak tepat sasaran ketika ip client berubah. 

Atau ketika ada user yang mengerti IT, terus mengganti IP Address nya, rulenya juga jadi tidak berguna. Nah, untuk mengatasai permasalahan itu kita akan coba limit bandwithnya berdasarkan Mac Address.

1. Klik IP >Firewal >Mangle >klik + >General - Chain : prerouting >Advanced - Src. MAC Address : 3C:97:03:1C:E0:46 >klik Action - Action : Mark Connection - New Connection Mark : limit_download (terserah anda) - Passthrough : ceklis >klik ok
2. Selanjutnya membuat mark packet, kembali ke mangle >klik + >General - Chain : prerouting - Connection Mark : limit_dowload (sesuai dengan yang anda buat tadi) >Klik Action - Action : mark packet - New Packet Mark : limit_bandwith - Passthrough : unchecklis >klik ok.
3. Setelah selesai membuat rule di mangle, selanjutnya kita akan eksekusi rule tersebut dengan quee tree. Pertama buat dulu parent download >Klik Queues >klik Queue Tree >General - Name : queue1 (terserah anda) - Parent : Lan_eth3 (Ini eth yang menjadi sumber jaringan user) - Max Limit : 12M (sesuaikan dengan bandwith jaringan anda) >klik ok.
Demikianlah artikel tentang cara limit bandwith pada mikrotik berdasarkan mac address. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, jangan pernah malas untuk belajar. Salam superr,..

1 comment:

  1. untuk gambar terakhir, packet mark apa seharusnya di point ke "limit_dowload" yang sudah dibuat tadi..

    ReplyDelete